News & Events

4 Peluang Pekerjaan Rpa

Published on June 10, 2020

Bukan rahasia lagi bahwa teknologi mengubah tenaga kerja - dan membuka banyak pekerjaan baru. Bahkan, McKinsey & Company memprediksi "permintaan akan teknologi, sosial dan emosional, dan keterampilan kognitif yang lebih tinggi akan meningkat pada tahun 2030."

4 Peluang Pekerjaan Rpa

Pekerjaan Robotic Process Automation (RPA) sudah banyak yang meminati. Dan kebutuhan akan personel yang terlatih dan pelatihan RPA bersifat global. India, misalnya, memiliki sekitar 6.000 lowongan pekerjaan RPA - terbesar di dunia, menurut DRAUP.

4 Peluang Pekerjaan Rpa

Coba kita lihat 4 perkerjaan RPA Teratas:

1. RPA Developer

Developer terlibat dalam desain, pengembangan, implementasi, dan pemeliharaan solusi otomasi. Mereka ahli di platform RPA dan memahami detail-detail tentang apa yang membuat bot beroperasi, terlepas dari rutinitasnya.

Mereka juga membantu merancang proses dan membuat dokumentasi proses, selain memastikan kualitas otomasi. McKinsey memperkirakan area ini akan tumbuh sebanyak 90% antara 2016 dan 2030. Dan LinkedIn 2020 Emerging Jobs Report memberi peringkat peran insinyur robotika sebagai pekerjaan baru yang muncul (setelah AI Specialist).

Yang dibutuhkan

Pengembang RPA membutuhkan pengetahuan pemrograman dasar dan pengalaman pengembangan. Pengetahuan tentang AI dan pembelajaran mesin dapat membantu, seperti halnya pengalaman basis data dan pemahaman tentang logika

2. RPA Solution Architect

Tugas RPA solution architect adalah untuk memastikan solusi RPA yang dikerahkan berfungsi sesuai rencana, tanpa gangguan. Peran ini adalah kunci dalam menerjemahkan persyaratan otomatisasi ke dalam urutan yang lebih baik.

RPA Solution Architect membangun alur kerja untuk diotomatisasi, bekerja dengan developer untuk membantu memecahkan masalah apa pun yang muncul, dan mengawasi fase pengujian untuk memastikan solusi berfungsi sebagaimana dimaksud dan mematuhi peraturan.

Yang dibutuhkan

Idealnya, RPA Solution Architect harus memiliki setidaknya lima tahun pengalaman pemrograman dan pemahaman yang kuat tentang proses bisnis dan arsitektur teknis. Pengetahuan infrastruktur juga penting, seperti juga keterampilan konseptual dan analisis yang kuat.

3. RPA Bussiness Analyst

Sebelum proses dapat diotomatisasi, kandidat terbaik harus diidentifikasi. Bussiness Analyst berperan penting dalam tugas ini. Setelah proses tersebut diidentifikasi dan diprioritaskan, analis bisnis bekerja sebagai penghubung antara pengembang dan unit bisnis yang menyediakan persyaratan proses.

Ketika pengembang menyajikan solusi RPA, analis bisnis membandingkannya dengan persyaratan awal untuk mengonfirmasi cocok dengan semua kriteria.

Yang dibutuhkan

Pengetahuan bisnis dan industri sangat penting untuk sukses dalam peran analis bisnis. Komunikasi yang sangat baik, visi ke depan, dan keterampilan analitis juga diperlukan. Pengetahuan tentang banyak domain membantu, dan analis bisnis harus tetap waspada terhadap teknologi baru dan praktik terbaik

4. RPA Specialist

RPA Specialist, sesuai dengan judulnya, berspesialisasi dalam RPA. Mereka memahami apa itu, di mana mereka dapat menerapkannya, alat dasar yang dibutuhkan, dan proses dari ujung ke ujung. Para ahli RPA ini dilatih untuk membuat bot dari awal, melakukan perawatan rutin, dan membuat perbaikan khusus untuk menjaga solusi otomasi berjalan.

Yang dibutuhkan

Pengetahuan tentang RPA adalah suatu keharusan, seperti pengalaman pengembangan software dan kemampuan untuk mengkomunikasikan konsep bisnis dan teknis. Keterampilan analitis merupakan nilai tambah. Pengetahuan domain dan basis data juga membantu. Dan, Anda akan membutuhkan keinginan untuk terus belajar.

Source: Automation Anywhere

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak