News & Events

5 Manfaat Utama Cloud

Published on July 10, 2020

Cloud kemungkinan merupakan bentuk komputasi paling berharga di ruang IT saat ini. Lagi pula, layanan cloud mendukung model kerja jarak jauh yang menjadi penting bagi iklim bisnis kontemporer di mana orang secara rutin bekerja dari rumah.

Sementara banyak ahli-ahli bergantung pada cloud untuk melakukan pekerjaan mereka setiap hari, beberapa masih tidak tahu banyak tentang cloud dan potensinya.

Komputasi awan adalah cara paling modern, efisien, dan hemat biaya untuk mengakses sumber daya data yang saat ini tersedia. Ini memiliki banyak manfaat, memungkinkan orang untuk mengakses aplikasi dan sistem bisnis, serta berkolaborasi dan bekerja sama kapan saja, di mana pun mereka berada. Keuntungan ini sangat penting untuk melanjutkan operasi bisnis saat tenaga kerja tumbuh lebih terdistribusi dan interaksi jarak jauh menjadi lebih diperlukan.

5 Manfaat Utama Cloud

Dengan cloud, sumber daya secara virtual diakses, di luar lokasi, melalui berbagai host. Meskipun dimungkinkan untuk menyelenggarakan cloud pribadi oleh perusahaan individu, sebagian besar organisasi memilih vendor publik populer seperti Amazon Web Services atau Microsoft Azure.

Hampir setiap aktivitas internet dilakukan melalui cloud, termasuk tugas standar seperti mengirim email atau membuat cadangan informasi di perangkat seluler. Konferensi video, situs media sosial, dan aplikasi interaktif seperti Google Docs dan lainnya ini adalah contoh perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), model komputasi di mana pengguna atau perusahaan berlangganan untuk menggunakan produk atau layanan. Orang tidak membeli sumber daya cloud, seperti penyimpanan untuk akun email berbayar. Mereka membayar mereka secara berkelanjutan sebagai layanan.

Berbagai layanan yang tersedia dengan model ini mengesankan, termasuk alat kantor atau back-office seperti BI (Bussiness Intelegent) atau perangkat lunak otomatis untuk proses yang digunakan dalam keuangan dan akuntansi, SDM, operasi, dan lain-lain. Alat-alat itu termasuk Otomatisasi Proses Robotic Proccess Automation (RPA) sebagai Layanan (dianggap sebagai bagian dari penawaran SaaS). Ada juga infrastruktur berbasis cloud yang diperlukan untuk mendukung tim IT seperti Web Server, dan berbagai bentuk penyimpanan.

Apa yang ditawarkan Cloud?

Manfaat arsitektur ini sebagian besar berkaitan dengan bagaimana layanan cloud bekerja dan termasuk:

1. Time to Value

  • Dengan cloud, bisnis dapat berjalan dan berjalan lebih cepat daripada dengan solusi di tempat karena tidak ada yang dapat diunduh atau diinstal. Bisnis tidak perlu menunggu untuk membeli dan mengatur semua infrastruktur mereka. Penyiapan di tempat dapat memakan waktu lama, terutama untuk penggunaan berskala besar. Selain itu, teknologi otomatisasi cloud, seperti RPA, dapat mempercepat fungsi bisnis umum.

2. Business Agility

  • Cloud memungkinkan perusahaan untuk bergerak cepat dan beradaptasi dengan perubahan dalam lanskap bisnis. Dalam kasus gangguan bisnis seperti bencana alam atau situasi saat ini di mana perusahaan menjadi jauh dalam semalam, cloud memberikan kelangsungan bisnis sehingga sistem dapat terus berjalan dan beroperasi walaupun dengan pemadaman sistem yang tidak terduga.

3. Accessibility

  • Didalam arsitektur kenyataan bahwa sumber dayanya dapat diakses dari mana saja di mana ada koneksi internet, kapan saja pengguna menginginkannya. Keuntungan ini sangat berguna untuk akses jarak jauh, tenaga kerja yang didistribusikan, dan bekerja dari rumah.

4. Scalability

  • Kemampuan untuk menskalakan dengan cepat, murah, dan keduanya secara horizontal (artinya memasukkan lebih banyak sumber data atau lokasi dari tempat mereka diakses) dan secara vertikal adalah salah satu manfaat utama komputasi awan. Keuntungan ini sangat penting untuk sejumlah besar data besar yang dibutuhkan untuk sebagian besar kasus penggunaan AI.

5. Low Total Cost of Ownership

  • Biaya kepemilikan dan pemeliharaan dari bentuk komputasi ini jauh lebih rendah daripada biaya penyebaran di tempat. Alih-alih berurusan dengan server fisik, biaya modal untuk membeli dan memelihara hardware, server, dan komponen jaringan serta staf IT untuk menginstal dan merawatnya organisasi dapat menyewa sumber daya ini dari penyedia sebagai biaya operasional bulanan

Banyak gangguan iklim bisnis saat ini dapat diatasi dengan bekerja di cloud. Pendekatan ini adalah cara paling murah untuk mengelola sumber daya IT, bekerja dari jarak jauh, dan berkolaborasi dalam pengaturan terdistribusi. Manfaat ini sangat penting untuk melanjutkan operasi dalam keadaan sulit dan bahkan mengoptimalkannya.

Sumber: Automation Anywhere

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak