News & Events

5 Pertanyaan Teratas yang Dijawab Tentang Keamanan Rpa dan Penggunaan untuk Pemerintah

Published on November 11, 2020

Manfaat umum dari Robotic Process Automation (RPA) sudah diketahui dengan baik pada saat ini. RPA mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, mengalihkan pekerjaan yang berulang dan membosankan ke robot perangkat lunak ("bot"), dan mendorong karyawan dari melakukan tugas manual yang bernilai rendah ke pekerjaan bernilai tinggi. Untuk menambah daftar ini, menurut Deloitte, organisasi global mencapai ROI dalam waktu 12 bulan.

5 Pertanyaan Teratas yang Dijawab Tentang Keamanan Rpa dan Penggunaan untuk Pemerintah

Tetapi lembaga pemerintah di seluruh dunia - lokal, regional, atau nasional - menghadapi tantangan yang unik untuk sektor publik. Mereka menghadapi tenaga kerja yang menua: karyawan yang akan membawa pengetahuan proses yang tidak berdokumen dalam jumlah besar ketika mereka pensiun. Pada saat yang sama, pendapatan dan anggaran menurun sementara harapan dan kebutuhan warga negara dari pemerintah meningkat karena pandemi dan penurunan ekonomi yang menyertai. Para pendukung menginginkan layanan tingkat konsumen yang mudah diakses dengan antarmuka digital. Dan semua ini harus dilakukan dengan sangat transparan.

RPA adalah jawaban atas banyak kesengsaraan ini dan dunia beralih padanya. Pasar Otomasi Proses Robotik global saat ini adalah bisnis senilai $ 5 miliar, dan diharapkan memiliki CAGR yang kuat sebesar 29,30% antara tahun 2019 dan 2026. Meskipun sektor publik tertinggal dari industri lain dalam menerapkan RPA, situasinya sedang berubah.

Menurut survei 2019 oleh National Association of State Chief Information Officers (CIOs) di Amerika Serikat, 65 persen CIO negara bagian mengatakan hubungan RPA dengan kecerdasan buatan menjadi teknologi baru yang paling berdampak selama 3 hingga 5 tahun ke depan. Dan pada bulan April 2019, Administrasi Layanan Umum (GSA) AS menciptakan komunitas praktik untuk RPA guna membantu para pemimpin federal menjelajahi peluang RPA, berbagi ide, dan bekerja sama. Sasaran GSA: membantu lembaga sipil mendapatkan kembali $ 1 miliar waktu produktif di seluruh lembaga dengan menerapkan RPA. Sudah ada lebih dari 25 agen federal AS dengan inisiatif RPA aktif.

Baca juga: Robotic Process Automation Bukan Hanya untuk Pekerjaan

Namun, banyak instansi pemerintah memiliki kekhawatiran terkait keamanan. RPA memperkenalkan jenis potensi risiko baru, terutama saat mengakses data berbasis cloud. Dan jika Anda mempertimbangkan bahwa bot dapat bekerja 24/7, tanpa pengawasan manusia, permukaan risikonya bisa tampak sangat besar. Itulah mengapa vendor RPA terkemuka telah menerapkan keamanan yang kuat ke dalam produk mereka dan dapat menghilangkan ketakutan ini.

Blog ini membahas beberapa pertanyaan sektor publik yang paling umum terkait dengan keamanan dan penggunaan RPA.

1. Bisakah Anda meyakinkan kami bahwa bot tidak akan menjadi nakal di jaringan kami?

Skenario suram tentang robot digital - terutama yang ditingkatkan dengan AI - adalah mitos yang perlu dibantah. Faktanya adalah, bot dikendalikan dengan ketat, jauh lebih aman, dan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi nakal daripada pekerja manusia.

2. Siapa yang memiliki data kami, dan simpan dimana?

Baik disimpan di tempat atau di cloud, data Anda bisa dibilang adalah aset terpenting agensi Anda. Anda ingin mempertahankan kendali atasnya, serta hak kepemilikan Anda. Sebagian besar vendor RPA akan menjanjikan bahwa data Anda adalah data Anda, di mana pun ia disimpan. Dalam kontrak Anda dengan vendor RPA, kepemilikan ini akan ditentukan, begitu pula langkah-langkah yang perlu Anda ambil jika Anda memutuskan untuk mengalihkan operasi RPA Anda - dan data Anda - ke vendor lain.

3. Apa otoritas untuk mengoperasikan (ATO), dan mengapa itu penting?

Jika ada perusahaan teknologi yang ingin berbisnis dengan agensi federal A.S., perusahaan tersebut harus memperoleh otoritas untuk mengoperasikan (ATO) agensi tertentu atau bahkan sub-grup dalam agensi. Mendapatkan ATO melibatkan pemeriksaan yang ketat terhadap sistem keamanan perusahaan untuk melihat apakah risiko pengoperasian teknologi tersebut dapat diterima oleh lembaga pemerintah yang bersangkutan.

4. Apakah bot dapat diaudit?

Semua solusi TI harus dilengkapi dengan kemampuan audit yang ekstensif, termasuk pencatatan, pemantauan, dan pelaporan lanjutan. Solusi RPA tidak terkecuali untuk ini.

  • Planning: Dapatkan gambaran komprehensif tentang area bisnis dan proses tempat RPA telah diterapkan.
  • Walkthrough: Memahami hubungan antara proses otomatis dan TI dan mengidentifikasi risiko serta kontrol.
  • Design Evaluation: Evaluasi desain kontrol, identifikasi proses penanganan pengecualian, dan identifikasi setiap celah dalam keamanan.
  • Operating Effectiveness: Lakukan pengujian substantif dari semua kontrol.
  • Reporting: Laporkan kesenjangan antara risiko dan kontrol dan buat rekomendasi tentang cara memperbaikinya.

5. Berapa lama untuk mempelajari cara membuat bot?

Dengan solusi RPA tanpa kode saat ini, bahkan pengguna bisnis non-teknis dapat mengaktifkan dan menjalankan bot dalam hitungan menit. Memang, solusi RPA terkemuka memberdayakan generasi baru pengembang warga. Antarmuka seret dan lepas memungkinkan pengembang warga ini untuk segera membangun bot otomatisasi berbasis aturan yang dapat melakukan tugas berulang seperti memeriksa email atau mentransfer data dari satu sistem ke sistem lain.

Sumber:Automation Anywhere

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak