News & Events

6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Vendor Rpa

Published on October 21, 2020

Robotic Process Automation (RPA) adalah teknologi perangkat lunak yang dapat digunakan siapa saja untuk mengotomatiskan tugas manual dan proses bisnis. Manfaat RPA dapat segera diukur, dan teknologinya dapat berdampak tinggi di setiap fungsi organisasi. RPA dapat mempercepat penyelesaian proses, mengurangi kesalahan, meningkatkan kepatuhan, menghemat waktu audit dan biaya terkait, serta membebaskan staf Anda untuk pekerjaan yang bernilai lebih tinggi.

6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Vendor Rpa

Itulah manfaat khas dari otomatisasi dasar. Dan banyak vendor RPA dapat mengirimkannya. Namun pertanyaannya adalah:

Apakah Anda membutuhkan lebih dari sekadar RPA dasar?

Akankah solusi itu sesuai dengan kebutuhan bisnis individu Anda saat ini?

Akankah ini dapat memenuhi kebutuhan Anda jika Anda terus - seperti kebanyakan bisnis - bergerak maju dengan perjalanan transformasi digital Anda?

Apakah ia memiliki kemampuan untuk menangani persyaratan bisnis baru, teknologi pasar, dan sumber informasi apa pun yang muncul?

Jika bisnis Anda seperti kebanyakan, Anda membutuhkan lebih banyak. Anda memerlukan solusi Tenaga Kerja Digital cerdas yang dapat mengikuti kebutuhan bisnis Anda saat ini dan mendukung langkah transformasi digital baru apa pun di masa mendatang. Untuk memastikan Anda berinvestasi dalam teknologi yang tepat dan mitra teknologi kami telah menguraikan 6 hal yang harus dimiliki vendor RPA untuk membantu memastikan perjalanan otomatisasi yang aman, produktif, dan sukses.

1. Deployment Flexibility

Katakanlah bisnis Anda belum menggunakan cloud. Anda memilih vendor RPA yang hanya menawarkan solusi lokal, yang bagus untuk saat ini. Namun besok, para pemimpin Anda memutuskan bahwa manfaat cloud seperti akses di mana saja, kapan saja, dan pemeliharaan di luar situs, masuk akal dan Anda harus memulai perjalanan RPA lagi.

Cari vendor yang menawarkan pilihan opsi penerapan terluas: on-premise, cloud, dan hybrid. Dan saat Anda melakukannya, pastikan vendor juga menawarkan solusi yang dapat beroperasi pada berbagai macam antarmuka dan dengan semua aplikasi dan sistem lawas Anda. Ini harus bebas kode, tidak mengganggu, non-invasif, dan mudah diterapkan.

2. The Highest Level of Protection

Anda ingin memastikan bisnis Anda memenuhi peraturan kepatuhan regulasi dan aman dari faktor ancaman. Bagaimanapun, konsekuensinyna bisa sangat tinggi, dan setiap hari, bisnis diretas, menghabiskan data berharga bisnis tersebut serta pendapatan dan reputasi.

Untuk kepatuhan, setidaknya, cari solusi yang menyimpan data alur kerja otomatis di beberapa tipe log aktivitas. Itu adalah fitur yang disertakan dalam banyak solusi RPA.

Perbedaan solusi terletak pada tingkat perlindungan mereka dari serangan cyber. Dalam hal otomatisasi, ada 2 jenis keamanan yang muncul: keamanan platform dan bot. Pertimbangkan platform RPA yang memiliki keamanan dan tata kelola tingkat perusahaan bawaan, misalnya, yang bersertifikat SOC 2 Tipe 1 dengan identifikasi dan autentikasi multi-lapisan. Itu juga harus mencakup bot yang Anda buat serta bot yang dibuat oleh pihak ke-3 yang dapat Anda terapkan dalam bisnis Anda. Kerangka kerja keamanan bertingkat harus disediakan untuk menjamin kepercayaan bot tanpa kerentanan keamanan siber dalam perangkat lunak. Tidak setiap vendor menawarkan tingkat keamanan itu.

3. Intelligence with AI

RPA hanya dapat membawa Anda sejauh ini untuk meningkatkan proses bisnis. Diperlukan kecerdasan dalam bentuk AI untuk memperluas cakupan dan luasnya. Misalnya, 80% data saat ini tidak terstruktur. Itu termasuk email, media sosial, konten situs web, pesan teks, pengolah kata, video, foto, rekaman audio, dan banyak lagi. RPA, dan bahkan beberapa jenis "otomatisasi cerdas", tidak dapat membaca atau menganalisis informasi tersebut, sehingga pada dasarnya tidak berguna untuk proses tersebut.

Karena sangat sedikit bisnis yang memiliki data terstruktur seperti yang ada di database relasional, Anda harus mencari vendor RPA dengan strategi berpikiran maju yang berfokus pada pengiriman produk dan layanan inovatif untuk memenuhi dan bahkan mengantisipasi kebutuhan Anda. Ini harus menawarkan AI sebagai bagian dari solusi RPA untuk menangani semua jenis data.

Namun tidak semua vendor setara di area itu. AI tidak selalu tersedia secara native di seluruh penawaran vendor. Dan dalam banyak kasus, kecerdasan buatan vendor berasal dari pihak ketiga. Mengapa semua itu penting?

Baca juga: 5 Alasan Utama Pelanggan Memilih Automation Anywhere

Kemampuan bawaan memiliki banyak keunggulan potensial dibandingkan yang ditambahkan dari pihak ketiga: kinerja optimal, kompatibilitas, serta kemampuan untuk mengukur saat Anda bergerak maju dengan transformasi digital. Dan jangan lupa apa yang disebutkan sebelumnya dalam artikel ini: AI asli dapat berarti keamanan yang lebih baik.

4. Scalability

Saat ini, Anda mungkin mempertimbangkan RPA untuk satu proses atau satu departemen. Jika bisnis Anda seperti banyak bisnis lainnya, Anda akan segera menyadari manfaat RPA dan ingin meningkatkan skala bot Anda di seluruh perusahaan.

Agar penerapan berhasil, pilih vendor dengan portofolio yang beragam dan berkembang, misalnya, dengan solusi untuk back and front office - untuk berbagai departemen seperti keuangan dan akuntansi dan sumber daya manusia - dan satu dengan keahlian di berbagai industri seperti sebagai ilmu kehidupan, manufaktur, layanan keuangan, perawatan kesehatan, sektor publik, pusat kontak, asuransi, dan telekomunikasi.

Banyak program otomasi gagal untuk melampaui tahap awal. Alasannya dapat mencakup satu atau kombinasi dari yang berikut - semuanya terkait dengan elemen manusia:

  • Ada kurangnya fokus pada pengguna bisnis yang, menurut jumlah mereka, merupakan sumber daya terbesar untuk mempercepat dan memfasilitasi otomatisasi.
  • Program ini bergantung pada pengembang spesialis yang memiliki waktu dan sumber daya terbatas untuk mendorong penskalaan.
  • Orang yang menjalankan sistem perusahaan, manajer program RPA, atau administrator TI, tidak memiliki alat untuk melakukan pekerjaan mereka secara efisien.

Pilih vendor RPA dengan platform yang berfokus pada pengguna bisnis, pengembang spesialis, dan manajer RPA dengan solusi yang dibuat untuk masing-masingnya. Bayangkan platform yang mengubah pengguna bisnis menjadi pengembang warga yang dapat mengotomatiskan proses mereka sendiri, menghilangkan tugas pengembangan yang menghabiskan waktu dan energi untuk pengembang spesialis, dan membuat manajemen beban kerja mudah bagi manajer RPA. Memberdayakan pemilik proses untuk menemukan peluang otomatisasi dan mengotomatiskan proses mereka akan membantu Anda menskalakan dan mendapatkan ROI (Return Of Investment) yang lebih cepat atas investasi Anda.

5. Support

Dukungan pelanggan dalam bentuk bantuan teknologi / produk ahli, berbagi komunitas, dan pelatihan sangat penting untuk penerapan RPA yang berhasil. Anda pasti menginginkan vendor RPA yang akan menjadi pendamping perjalanan di seluruh perjalanan Anda, tidak hanya setelah bukti konsep selesai dan penerapan telah dimulai. Vendor tersebut harus memiliki customer success manager (CSM) yang sangat terlatih dan dukungan global 24 jam untuk semua pelanggan di semua tahapan perjalanan.

Vendor harus memiliki komunitas pengguna yang kuat dan aktif yang dapat berbagi pengalaman dunia nyata dan praktik terbaik mereka. Dan pelanggan harus dapat memanfaatkan peluang belajar melalui program ekstensif dan berkelanjutan yang menawarkan kursus dan jalur pembelajaran untuk semua tingkatan - pengantar penyelaman mendalam - dan program sertifikasi untuk pengembang warga dan manajer RPA. Dukungan semacam itu dapat membantu semua orang dalam bisnis Anda mendapatkan hasil maksimal dari investasi RPA.

6. Third-Party Validation

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa ulasan pelanggan dan laporan analis untuk melihat bagaimana penilaian calon potensial Anda. Masukan calon pelanggan tentang produk, layanan, dan dukungan perusahaan dapat ditemukan di situs ulasan sejawat seperti G2 Crowd.

Di mana posisi vendor dibandingkan dengan pesaingnya? Lihat ulasan industri dari perusahaan seperti Everest atau Gartner.

Kami berharap enam pertimbangan ini memberi Anda wawasan untuk membuat keputusan terbaik tentang mitra otomasi Anda.

Sumber: Automation Anywhere

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak