News & Events

Apa Itu Mentoring?

Published on December 13, 2021

Apa itu mentoring? Kebanyakan orang sering terjadi mengira mentoring sama dengan coaching. Mentoring berasal dari Bahasa inggris yang diartikan sebagai pendampingan.

Menurut Oxford Dictionary, mentoring adalah sebuah praktik untuk membantu dan menasihati orang yang kurang berpengalaman selama periode waktu tertentu, terutama sebagai bagian dari program resmi di suatu perusahaan, universitas, dan lain-lain. Namun dalam praktiknya, tujuan mentoring tidak sesederhana hanya melakukan pendampingan saja, tetapi juga menggunakan pendekatan tertentu yang lebih luas. Pendekatan ini diharapkan dapat membangun hubungan antara mentor dan mentee untuk waktu yang panjang.

Apa Itu Mentoring?

Seorang mentor harus memiliki kekuatan dan pengaruh terhadap mentee serta memiliki pengetahuan yang luas, sehingga mampu mendampingi mentee mencapai tujuan karir yang diinginkan. Dalam hal ini bisa dikatakan, mentor Anda adalah penentu karir Anda.

Mentoring juga dapat didefinisikan sebagai hubungan timbal balik dan kolaboratif yang seringkali dilakukan oleh karyawan senior dan junior. Tujuan utamanya, untuk pertumbuhan, pembelajaran, dan pengembangan karir mentee yang berfokus pada tujuan perusahaan, budaya, dan nasihat tentang pengembangan profesionalisme. Program mentoring pada perusahaan biasanya dilaksanakan berdasarkan tujuan khusus yang telah ditentukan, ditetapkan dalam skala ukur tertentu, dan ditindaklanjuti perkembangannya.

Dalam mentoring, ada 2 istilah yang sering digunakan, yaitu mentor dan mentee.

Mentor adalah seorang yang bijak, yang bisa berperan sebagai konselor atau guru yang dapat dipercaya untuk melakukan pendampingan kepada mentee. Mentor biasanya seseorang yang lebih senior, dipercaya, dan memiliki pengalaman yang lebih dalam bidang pengembangan karakter, serta mampu membimbing junior dalam penguasaan bakat tertentu.

Selain berperan sebagai seorang pemimpin, mentor juga diharapkan bisa menjadi guru yang memberikan tugas tertentu kepada mentee, pendukung, konselor, pendorong dan sahabat untuk para mentee dalam pelaksanaan mentoring. Adakalanya mentor galak, tetapi tentu galaknya mentor ada tujuannya.

Sedangkan mentee adalah peserta, pelajar atau murid, yang mengikuti program mentoring. Mentee sangat berperan penting untuk menyukseskan program mentoring. Seorang mentee harus kooperatif, punya semangat kerja yang tinggi, mampu bekerja dalam tim, dan berani mengambil resiko untuk mencapai target utama dari program mentoring yang diikuti.

Baca Juga: Ketahui Bagaimana Prinsip Kerja Coaching?

Dalam mengikuti program mentoring, seorang mentee terfokus pada wawasan pribadi dan tantangan intelektual yang akan diperoleh melalui interaksi dengan mentor. Mentee dapat melakukan dialog dari hati ke hati dengan mentor untuk menentukan perjalanan karir yang tepat.

Salah satu Learning Management System (LMS) yang menyediakan coaching and mentoring adalah OrangT-Collaborative Learning. Dengan OrangT, Anda dapat melakukan coaching and mentoring bagi karyawan Anda dengan efektif dan efisien.

(Dikutip dari berbagai sumber)

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak