News & Events

Bagaimana Menjadikan Legacy System Agar Lebih Kompetitif?

Published on July 14, 2020

Setiap perusahaan besar pasti punya banyak sistem yang telah berjalan dan membantu operasional bisnis mereka. Namun seiring dengan kebutuhan yang terus meningkat menjadikan sistem yang sudah ada tidak cukup kompetitif bila dibanding kompetitor yang datang dengan teknologi baru dan juga sudah menerapkan konsep bisnis yang baru pula. Artinya mereka (enterprise) yang memilih bertahan dengan sistem lama akan mulai ditinggalkan para customer dikarenakan oleh berbagai aspek salah satunya adalah customer experience (CX). Disisi lain bila enterprise mengganti semua legacy system dengan yang baru sekaligus membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Bagaimana Menjadikan Legacy System Agar Lebih Kompetitif?

Peluang untuk mengintegrasi legacy system dengan platform baru sangat terbuka lebar dalam rangka mendukung transformasi digital. Hal ini ditegaskan oleh Gartner bahwa komponen utama untuk mencapai kesuksesan bisnis digital adalah dengan mengalirkan informasi dan event kesuluruh ekosistem bisnis secara efisien. Berikut adalah bebepa pertimbangan yang harus diambil oleh perusahaan untuk transisi kesistem yang baru:

1. Mengarahkan aliran data maupun event ke platform yang baru apabila ada proyek pengembangan.

Mengurangi peran legacy system dengan mengalihkan alur event atau data ke platform yang baru. Hal ini bertujuan untuk memindahkan proses bisnis supaya tak bergantung kepada sistem lama. Agar proses migrasi bisa berjalan sukses, dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak yang terlibat (stakeholder) untuk mem-bypass legacy system apabila ada proyek pengembangan baru.

2. Bypass legacy system dan memisahkan aplikasi-aplikasi (decouple), microservices, dan aplikasi pihak ketiga (third party system).

Setiap aplikasi yang terhubung langsung dengan legacy system harus dipisahkan prosesnya menjadi beberapa bagian untuk memudahkan kombinasi antar aplikasi dan menyediakan banyak opsi yang bisa dipilih. Dengan begitu akan ada banyak peluang untuk sistem baru terhubung ke platform baru seperti microservices, third party software, dan layanan cloud.

3. Memilih dan mengevaluasi strategi yang cocok untuk migrasi aplikasi.

Ada 3 metode yang bisa digunakan ketika migrasi dari legacy system yaitu message dual-publish, interface bridging, dan message cut-over.

  • Message dual-publish: publisher mengalirkan event ke kedua sistem baik itu legacy system maupun platform baru (broker modern) untuk diteruskan ke subscriber. Mengalihkan klien-klien ke platform baru. Ketika semua klien telah berhasil dipindahkan maka hentikan aliran data atau event ke legacy system.
  • Interface bridging: Koneksikan semua aplikasi baru ke platform baru secara eksklusif. Jembatani legacy system dengan aplikasi modern menggunakan metode bridging. Restrukturisasi semua aplikasi dan migrasikan alurnya secara bertahap kepada platform baru.
  • Message cut-over: memindahkan antarmuka aplikasi (interface) dari legacy system untuk dikoneksikan ke platform yang baru. Hubungkan antara publisher dan subscriber melalui platform baru.

4. Analisa dan komunikasikan setiap tantangan dengan 3 strategi migrasi.

Komunikasikan ketiga metode migrasi diatas dengan stakeholder. Analisa setiap langkah dan hitung dampak kerugian dari setiap langkah yang diambil.

5. Bekerja dengan penyedia platform baru agar proses migrasi berjalan sukses.

Gunakan metode pengembangan sistem yang tepat dan berkerja sama dengan penyedia platform yang baru.

Sumber: Solace

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak