News & Events

Front-Office Transformation

Published on July 15, 2020

Front office mewakili peran perusahaan yang dihadapi pelanggan - penjualan, layanan pelanggan, pemasaran lapangan, dan pakar layanan konsultasi. Tim-tim tersebut bertanggung jawab untuk meningkatkan permintaan, meningkatkan pendapatan, pemasaran, dan layanan purna jual. Misalnya, di bank investasi, departemen front-office terdiri dari penjualan, perbankan investasi, ekuitas swasta, perdagangan penelitian ekuitas, dan manajemen kekayaan.

Front-Office Transformation

Di rumah sakit, pekerjaan di front office mungkin bervariasi berdasarkan ukuran tenaga kerja dan fasilitas. Secara umum, ini termasuk meja resepsionis untuk menyambut dan menyambut pengunjung dan pasien saat mereka datang, layanan pendaftaran, informasi ke mana harus pergi dan layanan yang tersedia, dan / atau staf keamanan jika diperlukan.

Front office industri perhotelan bertindak sebagai penghubung komunikasi dengan semua departemen lain, seperti penjualan dan pemasaran, pengontrol, minuman, jamuan makan, tata graha, sumber daya manusia, pemeliharaan, dan keamanan.

Setiap departemen terhubung secara unik dengan tim front-office dalam menyediakan layanan tamu. Misalnya, departemen penjualan dan pemasaran di hotel bergantung pada front office untuk data pada setiap tamu, seperti informasi kontak mereka, frekuensi kunjungan, pemesanan, kebutuhan khusus, dan sejarah tamu lainnya. Ini membantu mereka menyampaikan pesan pemasaran yang ditargetkan, mengembangkan promosi dan kampanye, dan memilih media iklan yang sesuai untuk menjangkau pelanggan mereka.

Di sisi lain, manajer perjamuan mengandalkan front office untuk mendapatkan informasi tentang permintaan untuk layanan di seminar, perjamuan, pertemuan, dan sejenisnya. Staf rumah tangga juga berkomunikasi dengan front office tentang ketersediaan kamar, status rumah tangga, dan sebagainya.

Front office beroperasi secara mandiri tetapi bergantung pada kantor belakang untuk dukungan dalam bentuk kesekretariatan, akuntansi, sumber daya manusia, dan fungsi teknologi internet.

Mengapa Front-Office Membutuhkan Otomatisasi?

Menurut Gartner, akan ada peningkatan 30% dalam penggunaan Robotic Process Automation (RPA) pada 2023 untuk fungsi-fungsi front-office, termasuk penjualan dan pengalaman pelanggan. Mengotomatisasi front office dimaksudkan untuk mendorong kepuasan pelanggan dengan menyediakan penjualan dan layanan pelanggan yang efisien dan efektif, serta merevolusi interaksi antara perusahaan dan pelanggan mereka.

Fungsi seperti mengumpulkan data pelanggan, memperbarui pertanyaan atau keluhan pelanggan, registrasi, dan pemeriksaan keamanan sebagian besar melibatkan staf front office. Kecepatan dan akurasi sangat penting untuk semua operasi ini dan lainnya untuk melayani pelanggan, tetapi banyak dari mereka masih ditangani secara manual. Akibatnya, staf dalam peran front office bisa bosan dengan proses yang berulang dan monoton, yang pada gilirannya menyebabkan tingginya tingkat turnover dan kesalahan.

Baca juga: Top 5 Kasus Penggunaan Otomatisasi untuk Front Office

Mengotomatisasi front office dapat memotivasi mereka untuk lebih terlibat dalam peran mereka masing-masing sambil menikmati manfaat seperti kesalahan lebih sedikit, mengurangi waktu transaksi, waktu respons lebih cepat, dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. RPA juga memfasilitasi interaksi waktu-nyata antara front office dan belakang untuk membantu meningkatkan nilai rata-rata waktu panggilan (AHT) dan kepuasan pelanggan (CSAT) di front office, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kolaborasi dan komunikasi dalam seluruh rantai nilai.

Sumber: Automation Anywhere

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak