News & Events

Kapan Karyawan Membutuhkan Pelatihan dan Pengembangan?

Published on July 19, 2022

Pelatihan dan Pengembangan karyawan menjadi faktor utama untuk retensi karyawan di tempat kerja, terutama saat ini, di mana angkatan kerja didominasi oleh generasi milenial. Metode-metode terpopuler dalam pengembangan karyawan yang digunakan perusahaan mencakup program-program pelatihan dan pengembangan. Pengembangan karyawan merupakan investasi bagi perusahaan. Secara langsung, investasi ini berdampak pada keterlibatan dan produktivitas karyawan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesuksesan perusahaan.

Kapan Karyawan Membutuhkan Pelatihan dan Pengembangan?

Lantas, kapan waktu yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan?

1. Penerimaan Karyawan Baru

Saat perusahaan Anda memiliki kayawan baru, maka inilah waktu yang tepat untuk mengadakan pelatihan. Kegiatan pelatihan tersebut akan bermanfaat bagi mereka untuk mendapatkan gambaran besar tentang perusahaan dan juga divisi yang akan menjadi tanggung jawab karyawan selama periode kerja. Selain itu, waktu pelatihan ini juga sebagai sesi pengenalan kultur atau kebiasaan yang diterapkan di lingkungan kerja. Anda juga bisa memberitahu tentang peraturan perusahaan.

Baca Juga: Apakah Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Sama?

2. Saat Perusahaan Ingin Meregenerasi Karyawan

Regenerasi karyawan bisa diartikan sebagai mengembangkan kinerja karyawan lama yang telah bekerja di suatu perusahaan. Proses regenerasi ini membutuhkan program pengembangan karyawan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memudahkan perusahaan melakukan promosi karyawan ke jabatan atau posisi yang lebih tinggi. Jadi pada tahap pengembangan ini, karyawan akan belajar terhadap skill yang mereka punya serta menemukan hal baru di luar tanggung jawab yang sedang diemban. Kegiatan pengebangan karyawan ini akan membantu mereka untuk menemukan bakat-bakat baru yang terpendam.

3. Saat Perusahaan Menerapkan Sistem Baru

Tanpa menerapkan sistem yang baik, sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu, kegiatan pelatihan dan pengembangan berfungsi sebagai sosialisasi terhadap kebijakan baru terkait dengan sistem perusahaan. Peralihan sistem baru ini pastinya membutuhkan proses adaptasi. Jadi, perusahaan harus mengadakan sosialisasi agar karyawan bisa menyiapkan dirinya terhadap kebiasaan baru.

4. Perusahaan Menerapkan Kebijakan Baru

Penerapan kebijakan baru ini pastinya tidak dirancang oleh satu orang, proses ini akan melibatkan manajer, komisaris, bahkan karyawan itu sendiri. Kebijakan baru yang diterapkan akan mengubah cara kerja, peraturan, tujuan serta visi dan misi perusahaan. Untuk itu, kondisi seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk mengadakan pelatihan dan pengembangan karyawan.

Mengadakan pelatihan dan pengembangan karyawan terkadang masih menemukan kendala di beberapa perusahaan. Kendala yang mungkin terjadi karena tidak memiliki pengukuran objektif terhadap skill karyawan, kurang memahami tujuan perusahaan, dan lainnya. Namun, semua kendala itu bisa segera teratasi dengan mudah jika menggunakan LMS dari OrangT. Kegunaan dari LMS dari OrangT ini akan membantu perusahaan khususnya tim HR untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan kegiatan pelatihan dan pengembangan SDM.

Sumber: LMS OrangT

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak