News & Events

Ketahui 3 Metode Pembelajaran Online

Published on April 26, 2022

Ketahui 3 metode pembelajaran online - Di era digital seperti sekarang ini, proses pembelajaran online sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia pendidikan. Dengan adanya teknologi yang mumpuni, proses belajar dapat dilakukan tidak hanya di ruang kelas, namun dapat dilakukan secara online dengan berbagai metode pembelajaran. Sebenarnya, ada berbagai metode belajar online yang bisa digunakan. Dengan mengetahui hal ini, guru bisa bereksplorasi dan menyesuaikan metode dengan kebutuhan siswa dan sekolah.

Ketahui 3 Metode Pembelajaran Online

Berikut 3 metode yang bisa diterapkan dalam pembelajaran online:

1. Metode Pembelajaran Sinkron (Synchronous Learning)

Pembelajaran sinkron merupakan sistem pembelajaran paling umum yang telah diterapkan sejak dahulu kala. Proses pembelajaran ini disebut pembelajaran sinkron karena guru dan siswa hadir untuk melaksanakan proses belajar mengajar dalam waktu yang bersamaan. Adapun metode penerapannya dapat dilakukan secara tatap muka maupun online. Pada tatap muka, metode ini telah diterapkan sejak dahulu kala, dimana guru dan siswa saling bertemu secara langsung di dalam kelas untuk melaksanakan proses pembelajaran. Sedangkan pada metode pembelajaran online, proses pembelajaran sinkron dapat dilihat pada meluasnya penggunaan media online seperti Google Classroom, Zoom Meeting, dan lain sebagainya.

2. Metode Pembelajaran Asinkron (Asynchronous Learning)

Proses pembelajaran asinkron merupakan sistem pembelajaran yang tidak mengharuskan guru dan siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama. Melalui proses pembelajaran ini, guru dapat mengirimkan materi-materi, lalu siswa dapat mempelajari dan mengolah materi tersebut pada waktu yang lebih fleksibel. Metode pembelajaran asinkron semakin popular semenjak adanya Covid-19, dimana sekolah, kursus, bahkan seminar dilaksanakan secara online. Dengan proses pembelajaran online seperti ini, siswa dapat mempelajari materi kapan saja dan dimana saja. Metode pembelajaran asinkron juga sangat membantu proses pembelajaran online pada zona waktu yang berbeda. Sehingga, siswa dan guru bisa melakukan kegiatan belajar sesuai dengan waktu optimalnya.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa LMS Berbasis Cloud Lebih Baik

3. Metode Pembelajaran Campuran (Blended Learning)

Selain dua metode sebelumnya, ada juga metode pembelajaran campuran. Metode ini menggabungkan sistem pembelajaran sinkron dan asinkron dalam pelaksanaannya. Agar metode ini berjalan dengan baik, guru dan siswa perlu menyepakati waktu pembelajaran sinkron terlebih dahulu. Selanjutnya, proses pembelajaran bisa diberikan kembali pada siswa dalam bentuk rekaman. Sehingga, siswa bisa melakukan pendalaman materi di luar waktu sinkron.

Sistem pembelajaran campuran juga memungkinkan guru memberikan feedback langsung pada siswa. Sehingga siswa bisa menjadi lebih tangkas dan disiplin. Metode ini cocok digunakan untuk siswa pada tingkat yang lebih tinggi.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, semakin banyak perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk proses belajar mengajar yang terus mengalami perkembangan dan variasi. Salah satu perkembangan dalam dunia pendidikan adalah penerapan metode pembelajaran online yang menekankan pada pemanfaatan teknologi dan informasi. Selain itu, terdapat beberapa ragam metode pembelajaran secara online yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan kelas.

Jadi metode apa yang akan kamu gunakan untuk pembelajaran saat ini? Atau metode apa yang sudah pernah kamu terapkan untuk pembelajaran? Atau metode pembelajaran campuran yang kamu gunakan? Untuk bisa menggunakan 3 metode pembelajaran online diatas, kamu bisa menggunakan software LMS. Salah satu LMS lokal adalah LMS OrangT, dengan OrangT kamu bisa memilih metode apa saja yang ingin kamu gunakan dan tentunya terdapat fitur menarik seperti Gamification, Social Learning, Coaching & Mentoring dan masih banyak fitur lainnya lagi. Segera hubungi kami OrangT untuk demo secara Gratis.(Dikutip dari berbagai sumber)

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak