News & Events

Ketahui Pentingnya Pelatihan untuk HRD

Published on June 28, 2022

Pentingnya Pelatihan untuk HRD - Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa hal yang menentukan berkualitasnya suatu perusahaan atau tidak adalah sumber daya manusianya itu sendiri. Selain harus memiliki sistem yang mumpuni dan sesuai, perusahaan juga perlu melakukan manajemen SDM dengan sangat baik dan optimal melalui divisi HRD.

Ketahui Pentingnya Pelatihan untuk HRD

HRD memang memiliki peran yang cukup vital di dalam sebuah perusahaan, karena pekerjaannya yang berhubungan erat dengan SDM perusahaan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memilih dan memiliki HRD yang berkompeten dan cekatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas dari HRD itu sendiri yaitu dengan memberikan pelatihan kepada HRD di perusahaan.

Berikut berbagai manfaat pelatihan HRD bagi perusahaan, diantaranya:

1. Memudahkan dalam Mendapat Kandidat Terbaik

Salah satu tugas utama dari seorang HR yaitu melakukan rekrutmen untuk mendapatkan karyawan baru yang memiliki potensi bagi perusahaan. Maju dan berkembangnya perusahaan, sangat ditentukan oleh kualitas dari SDM yang direkrut. Oleh sebab itu, strategi perekrutan karyawan baru harus dilakukan secara baik dan benar. Salah satu manfaat dari pelatihan HR yaitu untuk mengevaluasi strategi perekrutan yang ada telah dijalankan oleh HR atau perusahaan. Apakah strategi tersebut sudah berjalan dengan optimal, atau malah sebaliknya.

2. Mengoptimalkan Pengelolaan SDM Perusahaan

Merekrut karyawan yang berpotensial tidaklah cukup untuk memajukan perusahaan. Diperlukan juga sebuah manajemen atau pengelolaan yang baik dan benar, agar sistem yang ada di perusahaan dapat berjalan sesuai dengan tujuan bisnis. Salah satu manfaat dari pelatihan HRD yaitu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai manajemen HR.

3. Update Terhadap Tren dan Isu HR

Update terhadap isu terkini, terutama pada hal yang berhubungan dengan dunia HR merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Umumnya, pelatihan-pelatihan HR ini, akan mengundang berbagai macam expert di bidang HR untuk membahas tren maupun isu seputar dunia HR, baik itu yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi nantinya.

4. Menambah Wawasan dan Pengalaman

Memberikan pelatihan kepada HRD perusahaan dapat menambah wawasan dan pengalaman yang mereka miliki. Arus informasi yang diberikan di dalam pelatihan HR tidak selalu hanya dari pengajar kepada peserta, melainkan bisa berasal dari segala arah. Para peserta pelatihan bisa saling menceritakan pengalaman dan kejadian yang pernah mereka alami di perusahaannya masing-masing. Dengan begitu, para peserta bisa saling belajar dan menemukan solusi yang sesuai dengan isu-isu tersebut.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Pelatihan Karyawan

Selain itu, sesi sharing tersebut juga berfungsi untuk memotivasi HR untuk berkembang dan terus mengasah kemampuannya untuk menyelesaikan isu yang terjadi di perusahaan masing-masing.

Untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM kamu bisa menggunakan software LMS. Salah satu LMS lokal adalah LMS OrangT, dengan OrangT kamu bisa memilih metode apa saja yang ingin kamu gunakan dan tentunya terdapat fitur menarik seperti Gamification, Social Learning, Coaching & Mentoring dan masih banyak fitur lainnya lagi. Segera hubungi kami OrangT untuk demo secara Gratis.

Sumber: LMS OrangT

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak