News & Events

Memilih Aplikasi Elearning Berbasis Web

Published on April 6, 2022

Pandemi membuat kondisi pembelajaran secara online jadi semakin umum. Untuk mendukung hal ini, ada banyak perusahaan platform dan start up yang mengembangkan aplikasi elearning berbasis web. Sebagai pengguna, tentu saja sekolah perlu memilih software terbaik untuk mendukung proses pembelajarannya.

Memilih Aplikasi Elearning Berbasis Web

Berikut acuan yang bisa Anda gunakan untuk memilih elearning aplikasi terbaik:

1. Mudah Digunakan

Pertimbangan utama dalam memilih aplikasi belajar adalah user interface atau tampilan pengguna. Pastikan Anda memilih sistem elearning yang mudah digunakan. Perhatikan bagaimana tampilan pengguna untuk pengisi materi atau administrator, guru, dan pengguna aplikasi lainnya. Aplikasi dengan tampilan yang rumit dapat menyebabkan pengguna merasa pusing dan repot. Bukannya memudahkan, hal tersebut malah menghambat proses pembelajaran. Akibatnya, proses penyampaian materi menjadi kurang efektif.

2. Kemudahan Akses Platform e-Learning

Beberapa platform membutuhkan program atau kondisi tertentu agar bisa diakses. Tanyakan hal ini pada penyedia platform yang Anda pilih. Platform elearning terbaik seharusnya bisa diakses dengan dengan mudah. Platform tersebut harus bisa mendukung akses dari mana saja, kapan saja, dan di mana saja. Karena itu, pertimbangkan hal ini sebelum memilih platform pembelajaran online.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Sistem LMS di Lembaga Pendidikan

3. Kompatibilitas

Selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah kompatibilitas platform. Cari tahu format apa saja yang didukung oleh platform tersebut. Apakah bisa mengakses file dalam format pdf, text, gambar, audio, dan video? Atau hanya bisa mengakses format tertentu saja. Aplikasi pembelajaran berbasis web yang baik seharusnya bisa mengakses konten dalam berbagai bentuk.

4. Sesuai dengan Kultur Belajar

Tidak semua platform atau aplikasi memiliki sistem yang sesuai dengan sekolah Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa meminta penyedia platform untuk melakukan beberapa penyesuaian. Pastikan sistem yang Anda gunakan telah sesuai dengan kultur belajar dan kebutuhan sekolah. Sehingga, pengajar maupun siswa tidak merasa kesulitan saat menggunakan sistem e learning tersebut.

5. Keamanan Sistem

Tidak semua software pembelajaran dilengkapi dengan sistem keamanan. Karena itu, sebelum memilih sebuah platform belajar online, ada baiknya Anda mengetahui tentang hal ini. Cari tahu bagaimana software tersebut mengenkripsi data di dalamnya. Khususnya data yang bersifat pribadi dan rahasia.

6. Update Sistem

Apakah aplikasi atau sistem yang Anda gunakan sudah dilengkapi dengan fitur update berkala atau belum. Fitur ini sangat penting untuk memastikan kalau sistem yang Anda gunakan tidak akan tertinggal jauh dari teknologi yang berkembang.

7. Harga yang Terjangkau

Setiap sekolah pasti memiliki standar tersendiri mengenai definisi harga yang terjangkau. Karena itu, sesuaikan hal ini dengan budget sekolah atau budget yang dimiliki yayasan. Memilih platform termahal belum tentu yang paling baik dan sesuai dengan sekolah Anda. Selain menyesuaikan dengan kebutuhan, pastikan juga harga yang ditawarkan sesuai dengan fitur yang diberikan.

Salah satu Aplikasi Elearning Berbasis Web yang bisa jadi acuan Anda gunakan adalah OrangT. Jika Anda ingin lebih mengenal dan mengetahui lebih lengkap dengan fitur-fitur OrangT, silahkan hubungi kami.

Sumber: LMS OrangT

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak