News & Events

Part 1. Solace and Financial Services Industry

Published on September 14, 2020

1. Order Management System & Trading Platform

OMS atau lebih dikenal dengan Trade Order Management System adalah sistem elektronik untuk memproses securities order (transaksi barang atau negosiasi bisnis secara legal) agar lebih efisien dan efektif dalam biaya pengoperasian. Sistem OMS ini digunakan oleh para broker (orang yang melakukan jual beli valuta asing atau asset) atau dealer (pelaku perdagangan) untuk mengisi semua persyaratan untuk melakukan order untuk berbagai jenis securities order. Selain itu mereka juga bisa memantau perkembangan order mereka dengan sistem OMS.

Part 1. Solace and Financial Services Industry

Tantangan Pada OMS dan Platform Perdagangan

Pada platform Smart Order Router (SOR) terdapat front office yang berisikan komponen seperti client gateway, SOR engines, exchange gateways dan trade management systems. Sedangkan pada middle office, terdapat komponen sistem yang bertugas melakukan pengumpulan data, manajemen resiko, laporan regulasi serta settlement. Intinya adalah front office banyak melakukan transaksi krusial seperti pinjaman, kartu kredit dan lain-lain yang membutuhkan pertukaran data yang sangat cepat. Akan tetapi kebutuhan antar kedua front office dan middle office sangatlah berbeda seperti kemampuan untuk menangani jumlah transaksi yang sangat besar serta jaminan data tidak hilang. Untuk itu kecepatan front office harus diimbangi dengan kemampuan middle office.

Bagaimana solace memberikan solusi pada sistem OMS atau platform perdagangan?

Solace telah hadir lebih dari 15 tahun dengan pubsub+ platform untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam. Pubsub+ mampu mendistribusikan data ke sistem middle office dengan buffering dan garansi data tidak hilang ketika sistem client melampaui kapasitasnya atau dalam keadaan offline.

2. Foreign Exchange (FX)

Saat ini perusahaan keuangan memiliki aneka sistem perdagangan FX dengan protokol yang beragam pula. Secara arsitektur, sistem perdagangan FX memiliki alur kerja seperti price flows, trade flows, order flows dan risk data distribution.

Pubsub+ hadir dengan satu platform tunggal untuk menangani perpindahan data dari berbagai aplikasi serta infrastruktur yang didesain untuk arsitek dan pengembang aplikasi dengan satu API, satu struktur topik, mekanisme yang sama untuk seluruh client/subscriber, dibangun dengan High Availability (HA), kapasitas bisa ditingkatkan secara horizontal, hanya butuh satu konsol untuk pengelolaan, monitoring, troubleshooting, capacity planning, dan maintaining security. Selain itu pubsub+ memiliki kemampuan Wireless Area Network (WAN) optimization baik jaringan local maupun antar jaringan.

3. Payment Processing

Saat ini sistem pembayaran elektronik bersaing ketat dan berubah sangat cepat. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan para konsumen yang banyak beralih ke sistem pembayaran non tunai ditambah dengan kehadiran digital commerce yang tumbuh subur.

Ada beberapa solusi yang telah diterapkan oleh solace kepada industri pembayaran elektronik seperti American Express, Nets di Singapura, dan lain-lain. Pertama, memecah komponen-komponen aplikasi back-end menjadi fragment-fragment kecil untuk mempermudah pengembangan layanan baru. Kedua, mempermudah konektifitas dengan protokol standard terbuka maupun API. Ketiga, meningkatkan respon aplikasi dengan capacity planning, fleksible sesuai dengan kebutuhan, cepat dalam setiap identifikasi dan penyelesaian kesalahan pada sistem. Selanjutnya, membuka peluang aplikasi web dan mobile berkomunikasi secara real-time dengan kemampuan streaming yang terintegrasi secara komprehensif.

Baca juga: Part 2. Solace and Financial Services Industry

Sumber: Solace

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak