News & Events

Skalabilitas Cloud

Published on November 16, 2020

Setiap kali perusahaan berinvestasi dalam software baru, pertimbangan utamanya adalah sumber daya TI yang diperlukan untuk mendukung aplikasi atau platform baru tersebut. Sumber daya ini termasuk server, kapasitas penyimpanan, dan daya komputasi, di antara kebutuhan lainnya, untuk menjalankan perangkat lunak dengan lancar. Merencanakan apa yang dibutuhkan sekarang, kebutuhan pertumbuhan di masa depan, dan bahkan dampak musiman pada bisnis dapat melibatkan banyak perkiraan. Kemampuan perangkat lunak untuk mengakomodasi kapasitas teknis dan kebutuhan pertumbuhan perusahaan ini disebut skala.

Munculnya Cloud Computing telah membuat penskalaan menjadi lebih mudah. Solusi Software-as-a-Service (SaaS) semakin populer karena TI tidak memerlukan sumber daya fisik untuk mengelolanya saat vendor aplikasi mengelola infrastruktur di cloud. Cloud tidak hanya secara signifikan mengurangi upaya pemeliharaan dan biaya tersembunyi karena memiliki solusi perangkat lunak, tetapi penskalaan juga dapat terjadi sesuai permintaan dalam beberapa minggu atau bulan dibandingkan dengan infrastruktur fisik.

Skalabilitas Cloud

Bagaimana Skalabilitas Cloud Bekerja?

Skalabilitas di cloud adalah proses menangani permintaan yang meningkat atau menurun pada sistem. Penskalaan cloud terjadi dalam 2 cara umum:

  • Vertikal (penskalaan ke atas atau ke bawah)
  • Horizontal (penskalaan masuk atau keluar)

Penskalaan vertikal seperti memiliki kotak yang bisa diisi hingga ke atas. Setelah kotak terisi, Anda tidak dapat menambahkan apa pun lagi ke dalamnya. Untuk berkembang melebihi kapasitas ukuran kotak, Anda perlu mengganti kotak dengan kotak yang lebih besar. Aplikasi perangkat lunak di cloud berskala vertikal dengan cara yang sama. Baik itu jumlah pengguna, memori, atau kekuatan pemrosesan, ukuran penyimpanan instance cloud Anda sebanyak yang dapat Anda kembangkan atau tangani.

Instans cloud adalah server virtual yang disediakan di cloud publik, seperti Amazon Web Services atau Microsoft Azure, atau cloud pribadi. Untuk terus berkembang, Anda perlu meningkatkan ke instance cloud yang lebih besar atau menambahkan yang lain, sehingga Anda memiliki ruang untuk terus berkembang. Saat melakukan penskalaan secara vertikal, seluruh aplikasi berfungsi sebagai satu unit dalam basis kode, jadi peningkatan versi ke instance baru mengharuskan semuanya dipindahkan. Ini bisa berarti waktu henti aplikasi, mencegah pengguna mengaksesnya.

Penskalaan horizontal sering kali digambarkan sebagai jalan raya dua jalur di mana lebih banyak jalur atau jalan tambahan seperti jalan layang dapat ditambahkan untuk memenuhi permintaan lalu lintas kendaraan yang meningkat karena populasi yang terus bertambah. Pendekatan ini memungkinkan terjadinya distribusi lalu lintas sehingga dapat mengalir dengan lebih efisien. Di cloud, penskalaan horizontal adalah tentang mempartisi dan mendistribusikan beban kerja di seluruh instance atau sumber daya virtual sehingga beban kerja aplikasi perangkat lunak dapat berjalan secara efisien di seluruh sumber daya untuk memenuhi permintaan. Penskalaan memungkinkan skala tak terbatas karena Anda tidak dibatasi oleh ukuran instans, dan beban kerja dapat terus didistribusikan saat Anda menambahkan lebih banyak instans.

Baca juga: 5 Pertanyaan Teratas yang Dijawab Tentang Keamanan Rpa dan Penggunaan untuk Pemerintah

Penskalaan horizontal berfungsi sangat baik dalam arsitektur cloud-native di mana data dan fungsionalitas telah dipartisi dalam layanan mikro dalam container. Dengan layanan mikro dan penampung, Anda dapat fokus pada penskalaan layanan atau bagian aplikasi yang memerlukan lebih banyak kapasitas atau mengalami lebih banyak pertumbuhan dibandingkan harus menskalakan seluruh sistem seperti yang Anda lakukan dalam penskalaan vertikal.

Salah satu alasan utama popularitas aplikasi cloud-native atau solusi SaaS adalah karena tantangan skala infrastruktur untuk memenuhi skala bisnis disederhanakan atau dihilangkan. Banyak aplikasi SaaS menggunakan kombinasi penskalaan vertikal dan horizontal untuk mendukung berbagai skenario pelanggan.

Manfaat Skalabilitas Cloud

Baik aplikasi dapat diskalakan secara vertikal, horizontal atau keduanya cloud memberikan beberapa keuntungan dibandingkan on-premise:

  • Peningkatan atau penskalaan yang cepat dan mudah biasanya dapat diminta atau disediakan dengan beberapa klik atau secara otomatis, dengan sumber daya tambahan tersedia pada hari yang sama.
  • Fleksibilitas operasional menangani lonjakan pertumbuhan atau perubahan tak terduga dalam bisnis Anda kapan saja tanpa memerlukan investasi dan penyiapan server fisik
  • Performa yang lebih baik memungkinkan pengalaman yang konsisten, apa pun beban kerja yang ada di sistem
  • Efisiensi biaya mengurangi pengeluaran tambahan TI Anda dan pemeliharaan server tambahan seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda
  • Prediktabilitas memberi Anda kemampuan untuk memantau dan mengukur kapan dan berapa banyak yang perlu Anda skalakan untuk pertumbuhan dan perencanaan investasi yang lebih baik

RPA as-a-Service

Solusi Cloud-native Robotic Process Automation (RPA) dapat memenuhi janji teknologi ini. Dari mengotomatiskan proses, menangani pertumbuhan tahunan atau sementara, atau menghubungkan sistem di seluruh organisasi Anda melalui otomatisasi, solusi RPA berbasis cloud akan membantu Anda menskalakan dengan mudah, cepat, dan efisien.

Sumber: Automation Anywhere

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak