News & Events

Solace and Big Data

Published on September 7, 2020

Dengan beragamnya teknologi informasi yang secara konstan memproduksi data yang dihasilkan dari transaksi bisnis, media sosial, dan informasi dari sensor atau mesin menciptakan volume data yang besar baik itu terstruktur maupun tidak terstruktur. Sebuah volume data yang besar inilah yang disebut dengan big data. Istilah big data sudah muncul sejak awal tahun 2000an yang mana didefinisikan oleh seorang analis industri Doug Laney. Dari hasil analisanya muncul istilah-istilah populer seperti tiga 'V' yaitu Volume, Velocity dan Varietas.

Solace and Big Data

Volume: seluruh data dikumpulkan dan dialirkan ke data lake dari berbagai sumber seperti data center, public cloud, mobile, Private cloud dan IoT. Dengan keberadaan media penyimpanan seperti Flume, Spark, Cloudera, Splunk, Hadoop, atau peyimpan data NoSQL seperti Cassandra memungkinkan perusahaan menyimpan dan menganalisa seluruh informasi yang berpotensi memiliki nilai.

Velocity: Teknologi informasi terus tumbuh pesat menciptakan sumber data baru seperti Internet of Things membuat perusahaan harus merespon setiap tag RFID (Radio Frequency Identification), sensor, dan smart meter secara real-time.

Varietas: data ini dihasilkan dengan berbagai format dan tak terstruktur.

Merujuk kepada Statistical Analysis System, ada dua tambahan dimensi didalam big data yaitu variabilitas dan kebenaran.

Variability: Aliran data yang tak dapat diprediksi sehingga menciptakan variasi-variasi baru di dalam media penyimpanan. Biasanya hal ini dipicu oleh issue yang sedang tren di masyarakat atau media sosial. Hal ini perlu diketahui oleh perusahaan agar beban data tak mempengaruhi performa karna lonjakan data secara tiba-tiba.

Veracity: hal ini mengacu pada kualitas data yang berasal dari berbagai sumber maka dibutuhkan usaha untuk membersihkan data sebelum disimpan.

Lalu Bagaimana Hubungan Solace dengan Big Data?

Peran Solace adalah membantu perusahaan menciptakan data river yang terus-menerus mengalir dari berbagai macam sumber atau aplikasi sekaligus menyediakan data bagi aplikasi, mesin analitik, dan user yang membutuhkan untuk dikonsumsi secara real-time.

Kebanyakan bisnis sekarang ini didukung oleh aplikasi yang dibangun dengan berbagai macam Bahasa pemograman, dihubungkan dengan ESB, API gateway, web server yang berjalan di cloud, legacy atau lingkungan hybrid. Setiap aplikasi saling berinteraksi dengan memproduksi log-log yang harus di ambil untuk dianalisa dan mungkin saja dibutuhkan oleh aplikasi lain.

Keberadaan Solace mampu menciptakan data river yang bisa ditingkatkan skalanya secara horizontal dengan mesin kapasitas tinggi Solace. Selain itu Solace mampu mengalirkan jutaan message per second dari ratusan ribu publisher ke para subscriber.

Ditambah dengan pola pengiriman pesan berkecepatan tinggi fan-out (satu atau lebih publisher mempublish message ke berbagai subscriber secara concurrent) dan shock absorption canggih membantu perusahaan mengalirkan data ke aplikasi analitik secara real-time selain mengalirkannya ke sistem legacy yang bersifat batch analytics dan queries.

Solace and Big Data

Solace memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk memilih berbagai macam tools yang tersedia saat ini untuk diintegrasikan ke "data river" seperti Apache spark, Cloudera, Splunk, Hadoop, Flume, Apache Storm dan lain-lain. Untuk bisa terintegrasi dengan "sungai data", solace menyediakan protokol-protokol terbuka yang siap digunakan oleh aplikasi seperti AMQP, JMS, MQTT, PAHO, Websocket maupun RESTful API.

Sumber: Solace dan SAS

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak