News & Events

Solace Open Data Movement

Published on July 15, 2019

Salah satu tantangan dalam pengembangan sistem teknologi informasi dalam era transformasi digital ini adalah bagaimana membuat sistem yang dinamis, scalable dan aman. Tentunya kita ingin sistem yang kita buat dapat bertumbuh dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pasar. Solace PubSub+ memungkinkan sistem yang kita buat menjadi dinamis, scalable dan aman dengan konsep Open Data Movement.

Solace Open Data Movement

Open Data Movement

Open Data Movement adalah sebuah terminologi yang diperkenalkan oleh Solace pada tahun 2016. Solace memiliki keunggulan pada real-time data movement dengan konsep ini. Open Data Movement didefinisikan sebagai berikut.

Open

  • Open Protocol - mendukung protokol-protokol standar seperti REST, JMS, MQTT, AMQP dan WebSockets.
  • Open APIs - mendukung API standar seperti JMS dan Paho.
  • Open to all popular cloud environments - Solace dapat bekerja native pada platform-platform IaaS dan PaaS seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure, Openstack, VMWare, Cloud Foundry, OpenShift, dan sebagainya.
  • Openly integrated with popular DevOps tools - produk-produk modern harus dapat dengan mudah dimulai dari sample code dari GitHub, juga otomasi tes, stage dan deployment dengan tool seperti Puppet dan Bosh.
  • Delivering all the message patterns and classes of services - best effort, guaranteed, publish-subscribe, dan sebagainya.

Data

Semua informasi yang dihasilkan, diambil, dan digunakan oleh aplikasi dan manusia. Data ini seperti data sensor, data streaming, big data, real-time data, dan sebagainya.

Movement

Hampir semua informasi dan data tersebut bergerak dari aplikasi ke aplikasi lain. Baik itu message queueing, streaming, terkadang dibutuhkan WAN optimization, terkadang hanya point-to-point message yang sederhana. Konsep ini melihat pergerakan data secara mendetil dan mendukung keamanan pergerakannya.

Ilustrasi Open Data Movement

Solace Open Data Movement

Pertama, bayangkan ada sebuah datacenter yang mengatur 6 aplikasi dimana semua aplikasi tersebut berbagi data. Semua aplikasi ini menggunakan JMS untuk mengirim dan menerima pesan/data, bisa berupa point-to-point, pubsub, atau streaming. Hal ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Kondisi ini kita sebut one protocol case.

Solace Open Data Movement

Kemudian, bayangkan scenario system yang sama, tetapi aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya merupakan bagian dari use case yang berbeda dan diimplementasikan dengan berbagai macam protocol. Ada REST, JMS, MQTT, AMQP, dan sebagainya. Kondisi ini kita sebut dengan unlike protocols.

Tanpa Solace, deployment system ini akan sangat berantakan. Setiap aplikasi yang menggunakan protocol yang berbeda membutuhkan gateway agar dapat berkomunikasi dengan aplikasi lain. Dengan Solace, kondisi unlike protocols ini akan jadi sangat mirip dengan kondisi one protocol case. Solace dapat secara otomatis me-routing pesan/data dari satu protocol ke protocol lain.

Solace Open Data Movement

Berikutnya, bayangkan kondisi di mana kita menggunakan public cloud seperti Amazon Web Services (AWS) untuk IoT. Koneksi MQTT IoT akan dipindahkan ke AWS, sedangkan yang lainnya tetap di datacenter. Dalam kasus ini, yang perlu dilakukan hanya mengaktifkan Solace di AWS secara native. Aplikasi akan berjalan seperti biasanya.

Solace Open Data Movement

Kondisi lain adalah saat kita menggunakan banyak cloud sekaligus untuk alasan apapun, seperti alasan keamanan, dan lain-lain. Kita bisa mendistribusikan workload ke cloud-cloud dengan mudah, karena Solace yang akan me-routing semua broker.

Sekarang, bandingkan jika system seperti ini diimplementasikan tanpa Solace. Hasilnya adalah seperti berikut.

Solace Open Data Movement

Terlihat sangat kontras perbedaan kerumitannya. Setiap protokol harus diiringi dengan gateway/bridge antar protokol. Bagaimana jika ada ribuan aplikasi? Bagaimana agar system ini dapat fault tolerant? Bagaimana jika kita ingin memperluas jangkauan layanan kita? Tentu akan sangat rumit dan kompleks tanpa Solace.

Open Data Movement is all about taking out dimensions of complexity.

Source:Solace

PT Strategic Partner Solution

  Graha Indramas Building 6th Floor
    Jl. AIP II K.S. Tubun Raya No. 77
    Jakarta 11410
  (+6221) 5367 3270
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634