News & Events

Tantangan dan Solusi Elearning untuk Pendidikan

Published on March 2, 2022

Menjalankan proses pembelajaran online bukannya tanpa tantangan. Sama seperti proses pembelajaran tatap muka, pembelajaran online juga memiliki banyak tantangan. Akan tetapi, tentu saja setiap tantangan memiliki solusinya masing-masing.

Tantangan dan Solusi Elearning untuk Pendidikan

Berikut tantangan dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan sistem e-learning:

1. Terbatas Akses Perangkat

Guru dan siswa yang berada di kota besar dan populer mungkin bisa menjalankan pembelajaran online dengan mudah. Sayangnya, kemudahan tersebut tidak tersebar merata di semua wilayah Indonesia. Beberapa daerah masih kesulitan untuk mengakses internet. Khususnya di wilayah desa dan pedalaman Indonesia. Selain itu, tidak semua keluarga memiliki perangkat yang diperlukan. Baik komputer maupun smartphone. Umumnya, keterbatasan ini dialami oleh keluarga dari kalangan menengah ke bawah. Seorang pengajar tentu saja perlu mempertimbangkan hal ini dan membuat penyesuaian. Sehingga, setiap anak bisa mendapatkan kesempatan belajar yang sama.

2. Adanya Distraksi dan Gangguan

Perbedaan paling jelas antara pembelajaran jarak jauh dan tatap muka adalah lingkungan belajar. Pembelajaran tatap muka dilaksanakan di sekolah dengan suasana yang sudah dijaga agar kondusif. Sementara pembelajaran online umumnya dilaksanakan di rumah. Yang tentu saja memiliki distraksi yang tidak terhindarkan. Baik distraksi berupa suara, pandangan, kegiatan, dan berbagai distraksi lainnya. Sehingga, siswa agak sulit untuk menjaga fokusnya dalam belajar. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat melakukan beberapa penyesuaian. Atau mengembangkan metode pembelajaran online yang interaktif. Sehingga, siswa bisa tetap fokus menerima materi pelajaran.

3. Tidak Terbiasa dengan Teknologi

Proses belajar mengajar umumnya dilakukan secara tatap muka. Sehingga, proses pembelajaran dengan sistem e-learning masih terasa aneh. Baik bagi guru, siswa, maupun pihak lain yang berkaitan dalam proses belajar. Meskipun begitu, bukan berarti proses belajar online tidak mungkin dilakukan. Untuk itu, pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan belajar perlu membiasakan diri dengan teknologi. Baik guru, siswa, ataupun orang tua siswa.

Baca Juga: E-Learning Solusi untuk Pendidikan

4. Sulit untuk Interaktif

Selanjutnya dari pembelajaran online adalah proses belajar yang kurang interaktif. Kesulitan ini bisa datang dari guru maupun siswa. Misalnya, siswa yang belum terbiasa jadi enggan untuk bertanya secara langsung. Atau bingung bagaimana harus bertanya kepada guru. Di lain sisi, guru yang belum terbiasa dengan aplikasi untuk pelajaran terkesan memberikan materi satu arah. Atau bahkan lupa untuk memberi kesempatan bertanya kepada siswa. Beberapa guru bahkan ada yang hanya memberikan tugas dan nilai saja tanpa mengadakan video conference online.

Untuk mengatasi hal ini, diperlukan langkah inisiatif dari guru pengajar. Misalnya dengan memberikan kesempatan bertanya kepada siswa di antara jeda materi. Atau dengan menghimbau siswa memanfaatkan fitur chat untuk menyampaikan pertanyaan.

5. Siswa yang Bermain-Main

Masa-masa sekolah memang seringkali diisi dengan bermain-main. Baik pada jenjang sekolah awal ataupun lanjutan. Apalagi di kelas online yang tidak diawasi guru secara langsung. Karena itu, guru dan orang tua perlu berkoordinasi untuk meminimalisir hal tersebut.

Salah satu LMS yang mempunyai fitur yang ada diatas adalah OrangT. Jika Anda ingin lebih mengetahui fitur-fitur OrangT lebih lengkap, silahkan hubungi kami.

Sumber: LMS OrangT

PT Strategic Partner Solution

  The Bellezza Shopping Arcade
    2nd Floor Unit SA15-16
    Jl. Arteri Permata Hijau, Kec. Kby. Lama
    DKI Jakarta 12210
  +62 812 8700 0879
  info@myspsolution.com

NETWORKING

Bandung

  Jl. Jend. Sudirman No. 757
    Bandung 40212
(62-22) 603 0590 (Hunting)
(62-22) 603 0967

Medan

  Kawasan Industri Medan Star
    Jl. Pelita Raya I Blok F No. 5
    Tanjung Morawa Km 19,2
    Deli Serdang 20362
  (62-61) 7940800
  (62-61) 7941990

Semarang

  Jl. Tambak Aji I / 6
    Komp. Industri Guna Mekar
    Semarang 50185
  (62-24) 866 3521
  (62-24) 866 3529

Surabaya

  Jl. Ngemplak No. 30
    Komplek Ambengan Plaza
    Blok B 35-37
    Surabaya 60272
  (62-31) 531 9635 (Hunting)
  (62-31) 531 9634

Lampung

  Perumahan Gunung Madu Plantation
    Jalan Pulau Morotai Blok B No. 1
    Kecamatan Sukarame - Tanjung Baru
    Bandar Lampung

Surakarta

  Jalan Melati No. 2,
    Kelurahan Purwosari
    Laweyan, Surakarta

Palembang

  Komplek Ilir Barat Permai
    Blok D.I. No. 31
    Kelurahan 24 Ilir, Palembang

Samarinda

  Jalan Ir. Sutami, Pergudangan Tahap II
    Blok S No.3B
    Karang Asam, Samarinda

Makassar

  Jalan Ir. Sutami,
    Komplek Pergudangan Parangloe Indah
    Blok C-II 3/6, Makassar

Pontianak

  Jalan Raya Wajok Hilir Km. 15,65
    Siantan, Pontianak